DASAR SOCKET PROGRAMMING

       saya share tentang ilmu socket nih semoga bermanfaat kalau ada yang bisa tinggalkan komentar ya semoga bisa membantu..
I.             Dasar Teori
Setiap aplikasi di jaringan, transaksinya didasarkan pada konsep client-server. Sebuah server dan sebuah atau beberapa client yang meminta/request pelayanan ke server. Fungsi server sebagai pengatur resource yang ada, yang menyediakan pelayanan dengan memanfaatkan resource yang untuk kebutuhan client. Proses ini (proses client-server) bisa dijalankan pada sebuah komputer (komputer tunggal) atau bisa juga satu komputer berfungsi sebagai server dan sebuah atau beberapa komputer berfungsi sebagai client.


Aplikasi client-server menggunakan protokol tranport untuk saling berinteraksi. Ketika proses interaksi terjadi, suatu aplikasi harus memberikan informasi-informasi secara detail tentang :
·         Informasi tentang apakah dia client atau server.
·         Pengirim memberikan informasi tentang data yang dikirim.
·         Penerima memberikan informasi  tentang dimana data diletakkan, dll.

Antarmuka (interface) antara program aplikasi dengan protokol komunikasi pada suatu sistem operasi disebut Application Program Interface (API)API didefinisikan sebagai suatu kumpulan instruksi yang mendukung proses interaksi antara suatu perangkat lunak dengan suatu protokol yang digunakan.

Pada mesin keluarga Linux, socket terintegrasi dengan I/O sehingga aplikasi yang berkomunikasi dengan socket, cara kerjanya sama dengan suatu aplikasi yang mengakses peralatan I/O. Oleh karena itu untuk memahami cara kerja socket pada Linux, sebelumnya harus juga memahami fasilitas I/O pada Linux.

Pada saat suatu aplikasi berkomunikasi, awalnya aplikasi membuat socket baru, maka pada aplikasi tersebut akan diberikan nomer yang digunakan sebagai referensi socket. Jika ada suatu sistem yang menggunakan nomer referensi socket tersebut, maka akan terjalin suatu jaringan komunikasi antar komputer sebaik transfer data lokal.

Untuk berkomunikasi dengan server, client harus tahu nomor IP server begitu juga nomor port yang dituju, nomor port menunjukkan service yang dijalankan. Contoh port 23 untuk Telnet Server, port 25 untuk Mail Server dan port 80 untuk Web Server. Dalam hal ini aplikasi di client sudah mengetahui port yang akan dituju. Contoh program aplikasi di client yang meminta service di server ada;ah ftp, telnet, ssh. Untuk melihat service bisa dilihat pada file /etc/services.

Program yang berjalan di server, akan berjalan sepanjang waktu (disebut sebagai daemon) sampai mesin/service dimatikan, menunggu request dari client sesuai service yang diminta.


 Jadi Socket adalah mekanisme komunikasi yang memungkinkan terjadinya pertukaran data antar program atau proses baik dalam satu mesin maupun antar mesin. Gaya pemrograman soket sendiri berawal dari sistem Unix BSD yang terkenal dengan kepeloporannya pada bidang penanganan jaringan, sehingga sering disebut BSD Socket. Socket pertama kali diperkenalkan di sistem Unix BSD versi 4.2 tahun 1983 sebagai kelanjutan dari implementasi protokol TCP/IP yang muncul pertama kali pada sistem Unix BSD 4.1 pada akhir 1981. Hampir setiap varian Unix dan Linux mengadopsi BSD Socket.

Linux menggunakan paradigma open-read-write-close. Sebagai contoh, suatu aplikasi pertama harus memanggil open  untuk menyiapkan file yang akan diakses. Kemudian aplikasi tersebut memanggil read atau write untuk membaca data dari pada file atau menuliskan data ke file. Setelah itu close dijalankan untuk mengakhiri aplikasi yang  digunakan. Interface soket dalam berkomunikasi bisa dilihat pada gambar 9.4 berikut :


Di dalam kotak menunjukkan system call/function yang dibutuhkan untuk koneksi/komunikasi, misal socket(), bind(), listen(), connect(), dll. Secara garis besar langkah – langkah yang dilakukan pada client dan server adalah sebagai berikut :
1.      Langkah – langkah dasar di client :
a.      Membuka koneksi client ke server, yang di dalamnya adalah :
ü  Membuat socket dengan perintah socket()
ü  melakukan pengalamatan ke server.
ü  Menghubungi server dengan connect()
b.      Melakukan komunikasi (mengirim dan menerima data), dengan menggunakan perintah write() dan read()
c.       Menutup hubungan dengan perintah close();

2.      Langkah – langkah dasar di server :
a.      Membuat socket dengan perintah socket()
b.      Mengikatkan socket kepada sebuah alamat network dengan perintah bind()
c.       Menyiapkan socket untuk menerima koneksi yang masuk dengan perintah listen()
d.      Menerima koneksi yang masuk ke server dengan perintah accept()
e.       Melakukan komunikasi (mengirim dan menerima data), dengan menggunakan perintah write() dan read()


Struktur Pengalamatan
Jaringan komputer dalam melakukan pengiriman data bisa diilustrasikan sebagai pengiriman surat. Supaya surat bisa terkirim secara benar maka alamat pengirim dan penerima harus tertulis dengan jelas dan lengkap.
Begitu juga dalam koneksi di socket, diperlukan variable yang dipakai untuk menyimpan address client dan server. Variable yang dipakai berupa structure sockaddr dan sockaddr_in pada include socket.h di direktory /usr/include/sys.
Address ini akan dipakai pada waktu melakukan connect(), bind() dan accept(). Dibawah ini adalah structute yang dipakai.
struct sockaddr {
unsigned short sa_family; /* protocol family */
char sa_data[14]; /* address data. */
};

struct sockaddr_in {
unsigned short sin_family; /* address family (always AF_INET) */
unsigned short sin_port; /* port num in network byte order */
struct in_addr sin_addr; /* IP addr in network byte order */
unsigned char sin_zero[8]; /* pad to sizeof(struct sockaddr) */
};

Contoh pemakaian struktur tersebut bisa dilihat pada tabel berikut ini:
struct sockaddr_in serveraddr;
/* fill in serveraddr with an address */
/* Connect takes (struct sockaddr *) as its second argument */
connect(clientfd, (struct sockaddr *) &serveraddr,
sizeof(serveraddr));


Langkah – Langkah Program di Client
1.      Berikut ini adalah prosedur pembukaan koneksi client ke server pada hostname:port tertentu. Di dalamnya termasuk membuat socket, melakukan  pengalamatan ke server dan melakukan koneksi ke server dengan perintah connect(). adalah sebagai berikut :
int open_clientfd(char *hostname, int port)
{
int clientfd;
struct hostent *hp;
struct sockaddr_in serveraddr;
if ((clientfd = socket(AF_INET, SOCK_STREAM, 0)) < 0)
return -1; /* check errno for cause of error */
/* Fill in the server's IP address and port */
if ((hp = gethostbyname(hostname)) == NULL)
return -2; /* check h_errno for cause of error */
bzero((char *) &serveraddr, sizeof(serveraddr));
serveraddr.sin_family = AF_INET;
bcopy((char *)hp->h_addr,
(char *)&serveraddr.sin_addr.s_addr, hp->h_length);
serveraddr.sin_port = htons(port);
/* Establish a connection with the server */
if (connect(clientfd, (struct sockaddr *) &serveraddr,
sizeof(serveraddr)) < 0)
return -1;
return clientfd;
}



Langkah demi langkah koneksi client ke server adalah sebagai berikut :

a.       Membuat socket dengan perintah socket().
int clientfd; /* socket descriptor */
if ((clientfd = socket(AF_INET, SOCK_STREAM, 0)) < 0)
return -1; /* check errno for cause of error */
... (more)

IF_INET menunjukkan bahwa socket dihubungkan dengan protokol internet.
SOCK_STREAM menunjukkan bahwa program ini memakai stream socket/TCP, yang berari connecton oriented.

b.      Selanjutnya setelah membuat socket melakukan pengalamatan ke server.
int clientfd; /* socket descriptor */
struct hostent *hp; /* DNS host entry */
struct sockaddr_in serveraddr; /* server’s IP address */
...
/* fill in the server's IP address and port */
if ((hp = gethostbyname(hostname)) == NULL)
return -2; /* check h_errno for cause of error */
bzero((char *) &serveraddr, sizeof(serveraddr));
serveraddr.sin_family = AF_INET;
bcopy((char *)hp->h_addr,
(char *)&serveraddr.sin_addr.s_addr, hp->h_length);
serveraddr.sin_port = htons(port);

c.       Melakukan keneksi ke server dengan perintah connect().
if (connect(sockfd, (struct sockaddr *)&their_addr,sizeof(struct sockaddr)) == -1)
      {
            perror("connect");
            close(sockfd);
            exit(0);
      }


2.      Melakukan komunikasi (mengirim dan menerima data), dengan menggunakan perintah write() dan read()
    if (write(sockfd, buff, strlen(buff))<0) 
{
      close(sockfd);
      exit(1);
}

if (read(sockfd, buff, MAXBUFFER)<0) 
    {
       printf("server : proses read dari socket error \n");
       close(sockfd);
       exit(1);
    }

3.      Menutup hubungan dengan perintah close();



Langkah – langkah Program di Server
1.      Melakukan prosedur pembukaan koneksi yang di  dalamnya berupa langkah – langkah : membuat socket, mengikat socket, menyiapkan socket menerima koneksi, pengalamatan socket.
int main(int argc, char **argv) {
int listenfd, connfd, port, clientlen;
struct sockaddr_in clientaddr;
struct hostent *hp;
char *haddrp;
port = atoi(argv[1]); /* the server listens on a port passed
on the command line */
listenfd = open_listenfd(port);
while (1) {
clientlen = sizeof(clientaddr);
connfd = Accept(listenfd, (SA *)&clientaddr, &clientlen);
hp = Gethostbyaddr((const char *)&clientaddr.sin_addr.s_addr,
sizeof(clientaddr.sin_addr.s_addr), AF_INET);
haddrp = inet_ntoa(clientaddr.sin_addr);
printf("Fd %d connected to %s (%s:%s)\n",
connfd, hp->h_name, haddrp, ntohs(clientaddr.sin_port));
echo(connfd);
Close(connfd);
}
}

Langkah membuat socket, mengikat socket, menyiapkan socket menerima koneksi, pengalamatan socket berada pada prosedure open_listenfd().
int open_listenfd(int port)
{
int listenfd, optval=1;
struct sockaddr_in serveraddr;
/* Create a socket descriptor */
if ((listenfd = socket(AF_INET, SOCK_STREAM, 0)) < 0)
return -1;
/* Eliminates "Address already in use" error from bind. */
if (setsockopt(listenfd, SOL_SOCKET, SO_REUSEADDR,
(const void *)&optval , sizeof(int)) < 0)
return -1;
/* Listenfd will be an endpoint for all requests to port
on any IP address for this host */
bzero((char *) &serveraddr, sizeof(serveraddr));
serveraddr.sin_family = AF_INET;
serveraddr.sin_addr.s_addr = htonl(INADDR_ANY);
serveraddr.sin_port = htons((unsigned short)port);
if (bind(listenfd, (SA *)&serveraddr, sizeof(serveraddr)) < 0)
return -1;
/* Make it a listening socket ready to accept
connection requests */
if (listen(listenfd, LISTENQ) < 0)
return -1;
return listenfd;
}






Langkah demi langkah membuat koneksi di server adalah sebagai berikut :
a.       Membuat socket dengan perintah socket()
int listenfd; /* listening socket descriptor */
/* Create a socket descriptor */
if ((listenfd = socket(AF_INET, SOCK_STREAM, 0)) < 0)
return -1;

b.      Melakukan pengalamatan.
struct sockaddr_in serveraddr; /* server's socket addr */
...
/* listenfd will be an endpoint for all requests to port
on any IP address for this host */
bzero((char *) &serveraddr, sizeof(serveraddr));
serveraddr.sin_family = AF_INET;
serveraddr.sin_addr.s_addr = htonl(INADDR_ANY);
serveraddr.sin_port = htons((unsigned short)port);

c.       Mengikatkan socket kepada sebuah alamat network dengan perintah bind()
int listenfd; /* listening socket */
struct sockaddr_in serveraddr; /* server’s socket addr */
...
/* listenfd will be an endpoint for all requests to port
on any IP address for this host */
if (bind(listenfd, (struct sockaddr *)&serveraddr,
sizeof(serveraddr)) < 0)
return -1;

d.      Menyiapkan socket untuk menerima koneksi yang masuk dengan perintah listen()
int listenfd; /* listening socket */
...
/* Make it a listening socket ready to accept connection requests */
if (listen(listenfd, LISTENQ) < 0)
return -1;
return listenfd;
}


2.      Looping utama adalah menerima koneksi, dan melakukan komunikasi data (mengirim dan menerima).
main() {
/* create and configure the listening socket */
while(1) {
/* Accept(): wait for a connection request */
/* echo(): read and echo input lines from client til EOF */
/* Close(): close the connection */
}
}




Langkah demi langkah looping utama adalah :
a.       Menerima koneksi yang masuk ke server dengan perintah accept()
int listenfd; /* listening descriptor */
int connfd; /* connected descriptor */
struct sockaddr_in clientaddr;
int clientlen;
clientlen = sizeof(clientaddr);
connfd = Accept(listenfd, (SA *)&clientaddr, &clientlen);



b.      Melakukan komunikasi (mengirim dan menerima data), dengan menggunakan perintah write() dan read()
    if (write(sockfd, buff, strlen(buff))<0) 
{
      close(sockfd);
      exit(1);
}

if (read(sockfd, buff, MAXBUFFER)<0) 
    {
       printf("server : proses read dari socket error \n");
       close(sockfd);
       exit(1);
    }


3.      Menutup socket.