Cara membuat Text Dan Font Di OpenGL

 

Di openGL mnyediakan text dan font untuk membuat tulisan jadi kita tidak perlu repot-repot untuk membuat tulisan dari kombinasi garis dan bidang. Jadi begini materinya ,,

A. Karakter Bitmap

OpenGL tidak menyediakan dukungan untuk font dan demikian pula untuk teks. OpenGL menyediakan fungsi untuk bitmap dan fungsi ini dapat dipakai untuk teks. GLUT (dan sistem window yang lain) menyediakan fungsi untuk teks. Fungsi GLUT Bitmap berikut untuk menampilkan teks dengan model *font dan indek karakter ascii (char) :

void glutBitMapCharacter( void *font, int char)

Model font yang dapat dipilih, salah satu dari tabel berikut :

Tabel Konstanta Font Bitmap

No

Konstanta Font Bitmap

Arti

Output

1

GLUT_BITMAP_8_BY_13

Setiap font berukuran 8x13

clip_image001

2

GLUT_BITMAP_9_BY_15

Setiap font berukuran 9x15

clip_image002

3

GLUT_BITMAP_TIMES_ROMAN_10

Setiap font Times Roman, berukuran 10 point

clip_image003

4

GLUT_BITMAP_TIMES_ROMAN_24

Setiap font Times Roman,berukuran 24 point

clip_image004

5

GLUT_BITMAP_HELVETICA_10

Setiap font Helvetica berukuran 10 point

clip_image005

6

GLUT_BITMAP_HELVETICA_12

Setiap font Times Roman, berukuran 12 point

clip_image006

7

GLUT_BITMAP_HELVETICA_18

Setiap font Times Roman, berukuran 18 point

clip_image007

B. Stroke Teks Karakter

Karakter Stoke yang dihasilkan dengan menggunakan primitif OpenGL standar, misalkan garis, poligon, dan kurva. Karakter ini dapat dimodifikasi oleh himpunan transformasi yang dapat diterapkan pada objek geometris. Membuat stroke characters menggunakan fungsi :

void glutStrokeCharacter(void *font, int character);

Parameter font sebagai simbolik karakter menyatakan stroke font yang dipakai (GLUT_STROKE_ROMAN atau GLUT_STROKE_MONO_ROMAN). Sedangkan character adalah karakter yang dibuat.

C. Menempatkan Teks

Untuk menempatkan teks yang telah dibuat dengan glut bitmap atau dengan stroke charakter, digunakan fungsi openGL berikut:

void glRasterPos{234}{sifd}( Type x, Type y, Type z, Type w)

void glRasterPos{234}{sifd}v(TYPE *array)

Penjelasan {234} merujuk pada jumlah parameter fungsi salah satu dari 2,3 atau 4,begitu pula dengan {sifd} berarti tipe parameter single,integer,float,atau double.

Penulis

Ilham A.H