Membuat hiasan dengan objek Polar
Kali ini, saya membuat semacam hiasan dengan objek-objek polar. Hampir semua dari objek-objek yang ada pada gambar diatas dibuat dengan objek bulat yang menggunakan rumus-rumus aljabar matematika. Materi untuk membuatan objek-objek diatas dapat kalian lihat apda link berikut http://sayfudinblogz.blogspot.de/2015/06/tutorial-objek-bulat-2d-grafika-komputer.html. Semua objek yang dibuat ada di fungsi userdraw() karena didalam fungsi itu saya hanya memanggil fungsi-fungsi untuk membuat setiap objek .Berikut listing programnya.
Dari listing program diatas terdapat tiga struct yaitu untuk menampung nilai titik atau koordinat dinamai point2D_t, menyimpan warna dinamai color_t, dan menampung vector yang dinamai vector2D_t. Method setColor digunakann untuk menset warna dari suatu objek. Terdapat dua method setColor namun berbeda parameterya, yang satu parameternya float red, float green, dan float blue, sedangkan yang satunya berparameter tipe struct color_t.
Kemudian terdapat berbagai method untuk menggambar objek-objek dari gambar, seperti drawPolyline untuk menggambar garis, drawPolygon untuk menggambar garis juga tapi dengan GL_LINE_LOOP, fillPolygon untuk menggambar objek dengan memberi warna pada dalam objek, gradatePolygon untuk menggambar objek dengan pewarnaan gradasi, centerPolygon untuk menggambar objek dengan pewarnaan terpusat (semua objek pada objek di projek ini menggunakan pewarnaan dengan method ini), drawPolaButterfly untuk menggambar objek dengan bentuk kupu-kupu, drawPola2 untuk memnggambar objek dengan bentuk pola, drawPolaHearth untuk menggambar objek dengan pola hati, drawPolaBunga untuk menggambar objek dengan pola bunga, drawSpiral untuk menggambar objek berbentuk spiral layaknya seperti cangkang keong drawKadiodata untuk menggambar objek dengan bentuk seperti kacang atau kidney, drawCircle untuk menggambar objek dengan pola lingkaran (pada kodingan diatas method ini hanya digunakan untuk mengatur letak dari objek sehingga posisinya dari objek-objeknya melingkar). Semua objek pembentuk objek menggunaka rumusan matematika untuk membentuk objek.
Semua objek yang digambar dipanggil di dalam method userdraw(). Didalam method ini dideklarasi warna dan memanggil method-method yang telah disebutkan diatas.
Penulis Ilham A.H