Grafika Komputer Fungsi Keyboard dan Mouse : Part 3

Fungsi Keyboard dan Mouse : Part 3

Tetap di bidang teknik informatika kususnya di grafika komputer akan melanjutkan tutorial sebagai berikut. Event Handling pada mouse sangat berguna pada semua aplikasi, karena kebanyakan dari interaksi user dengan aplikasi menggunakan mouse seperti mengklik button , atau hover button. Sama halnya dengan openGL penggunaanya juga sama.

OpenGL mempunyai fungsi callback pada saat ada event mouse :

void glutMouseFunc

(void(*func)(int button,int state,int x,int y));

Func adalah sebuah pointer ke fungsi yang membawa 4 parameter integer. Func dipanggil oleh OpenGL ketika mouse ditekan atau dilepas (pressed atau released). Button menyatakan tombol mouse yang ditekan, salah satu dari berikut :

1. GLUT_LEFT_BUTTON

2. GLUT_RIGHT_BUTTON, atau

3. GLUT_MIDDLE_BUTTON

State menyatakan state dari tombol mouse, bernilai salah satunya :

1. GLUT_UP

2. GLUT_DOWN

Sedangkan x dan y menyatakan lokasi (di window : koordinat relatif) dari mouse ketika kejadian.

Fungsi OpenGL untuk event adanya pergerakan pada mouse (mouse motion) adalah:

glutMotionFunc(void(*fuc)(int x,int y));

Func dipanggil oleh OpenGL ketika pointer mouse berpindah di dalam window selama satu atu beberapa button mouse ditekan. Sedangkan x dan y menyatakan lokasi dari mouse ketika kejadian.

Fungsi OpenGL untuk pengecekan tidak adanya event pada mouse (mouse motion) adalah:

glutPassiveMotionFunc(void(*fuc)(int x,int y));

Func dipanggil oleh OpenGL ketika pointer mouse berpindah di dalam window dengan tidak adanya button mouse yang ditekan. Sedangkan x dan y menyatakan lokasi dari mouse ketika kejadian.

Fungsi OpenGL untuk event mouse yang berisi state GLUT_ENTERED atau GLUT_LEFT berdasarkan mouse masuk atau meninggalkan window yaitu:

void glutEntryFunc(void(*func)(int state));

penulis

Ilham A.H