Fungsi Keyboard dan Mouse : Part 2
Grafika Komputer dalam bidang ilmu teknik Informatika akan membahas kelanjutan dari postingan sebelumnya, kali ini saya akan membahas mengenai even handling yang ada di keyboard. Di event ini banyak digunakan untuk mendesain game , seperti game racing, action, dan genre lainya. Tapi tidak memukinkan untuk digunakna pada keperluan yang lain. Contohnya bisa untuk simulasi. Jadi inilah slah satu kegunaan dari event handling yang ada di keyboard. Jadi , langsung aja ke materi J
OpenGL mempunyai fungsi callback pada saat ada event keyboard :
void glutKeyboardFunc
(void (*func)(unsigned char key, int x, int y));
Func adalah mencatat fungsi yang dipanggil ketika sebuah tombol keyboard di tekan. Parameter key mengembalikan nilai karakter ascii dari tombol keyboard yang ditekan. Koordinat x,y adalah posisi pointer mouse saat keyboard ditekan,yang diukur dari pojok kiri atas window. Sedangkan x dan y menyatakan lokasi (di window : koordinat relatif) dari pointer ketika kejadian key ditekan.
Fungsi OpenGL callback yang lain untuk event adanya keyboard up (pelepasan tombol keyboard) adalah:
void glutKeyboardUpFunc
(void (*func)(unsigned char key, int x, int y));
Func adalah mencatat fungsi yang dipanggil ketika sebuah tombol keyboard selesai ditekan,diangkat. Parameter key mengembalikan nilai karakter ascii dari tombol keyboard yang diangkat. Koordinat x,y adalah posisi pointer mouse saat keyboard ditekan,yang diukur dari pojok kiri atas window. Sedangkan x dan y menyatakan lokasi (di window : koordinat relatif) dari pointer ketika kejadian key ditekan.
Fungsi OpenGL callback yang lain untuk event adanya penekanan pada tombol khusus keyboard adalah:
void glutSpecialFunc
(void (*func)(int key, int x, int y));
Func adalah mencatat fungsi yang dipanggil ketika sebuah tombol keyboard khusus yang ditekan. Parameter key mengembalikan nilai karakter ascii dari tombol keyboard khusus yang ditekan. Koordinat x,y adalah posisi pointer mouse saat keyboard ditekan,yang diukur dari pojok kiri atas window. Sedangkan x dan y menyatakan lokasi (di window : koordinat relatif) dari pointer ketika kejadian key ditekan. Berikut nilai konstanta key dari tombol keyboard khusus yang ditekan dan fungsi tombolnya di keyboard
Konstanta Spesial Key | Fungsi |
GLUT_KEY_F1 | Key F1 |
GLUT_KEY_F2 | Key F2 |
GLUT_KEY_F3 | Key F3 |
GLUT_KEY_F4 | Key F4 |
GLUT_KEY_F5 | Key F5 |
GLUT_KEY_F6 | Key F6 |
GLUT_KEY_F7 | Key F7 |
GLUT_KEY_F8 | Key F8 |
GLUT_KEY_F9 | Key F9 |
GLUT_KEY_F10 | Key F10 |
GLUT_KEY_F11 | Key F11 |
GLUT_KEY_F12 | Key F12 |
Konstanta Key Arah | Fungsi |
GLUT_KEY_LEFT | Key kiri |
GLUT_KEY_UP | Key atas |
GLUT_KEY_RIGHT | Key kanan |
GLUT_KEY_DOWN | Key bawah |
GLUT_KEY_PAGE_UP | Key Page Up |
GLUT_KEY_PAGE_DOWN | Key Page Dwon |
GLUT_KEY_HOME | Key Home |
GLUT_KEY_END | Key End |
GLUT_KEY_INSERT | Key Insert |
Fungsi OpenGL yang akan mengembalikan salah satu dari nilai konstanta berikut : GLUT_ACTIVE_SHIFT, GLUT_ACTIVE_CTRLatau GLUT_ACTIVE_ALT jika tombol keyboard ini ditekan atau jika ada event mouse yang bekerja.
int glutGetModifiers( )
Selanjutnya akan membahas mengenai even handling yang ada di mouse. So go to this link for the next chapter <kesini >
penulis
Ilham A.H