Grafika Komputer Fungsi Keyboard dan Mouse : Part 2

Fungsi Keyboard dan Mouse : Part 2
Grafika Komputer dalam bidang ilmu teknik Informatika akan membahas kelanjutan dari postingan sebelumnya, kali ini saya akan membahas mengenai even handling yang ada di keyboard. Di event ini banyak digunakan untuk mendesain game , seperti game racing, action, dan genre lainya. Tapi tidak memukinkan untuk digunakna pada keperluan yang lain. Contohnya bisa untuk simulasi. Jadi inilah slah satu kegunaan dari event handling yang ada di keyboard. Jadi , langsung aja ke materi J
OpenGL mempunyai fungsi callback pada saat ada event keyboard :
void glutKeyboardFunc
(void (*func)(unsigned char key, int x, int y));
Func adalah mencatat fungsi yang dipanggil ketika sebuah tombol keyboard di tekan. Parameter key mengembalikan nilai karakter ascii dari tombol keyboard yang ditekan. Koordinat x,y adalah posisi pointer mouse saat keyboard ditekan,yang diukur dari pojok kiri atas window. Sedangkan x dan y menyatakan lokasi (di window : koordinat relatif) dari pointer ketika kejadian key ditekan.
Fungsi OpenGL callback yang lain untuk event adanya keyboard up (pelepasan tombol keyboard) adalah:
void glutKeyboardUpFunc
(void (*func)(unsigned char key, int x, int y));
Func adalah mencatat fungsi yang dipanggil ketika sebuah tombol keyboard selesai ditekan,diangkat. Parameter key mengembalikan nilai karakter ascii dari tombol keyboard yang diangkat. Koordinat x,y adalah posisi pointer mouse saat keyboard ditekan,yang diukur dari pojok kiri atas window. Sedangkan x dan y menyatakan lokasi (di window : koordinat relatif) dari pointer ketika kejadian key ditekan.
Fungsi OpenGL callback yang lain untuk event adanya penekanan pada tombol khusus keyboard adalah:
void glutSpecialFunc
(void (*func)(int key, int x, int y));
Func adalah mencatat fungsi yang dipanggil ketika sebuah tombol keyboard khusus yang ditekan. Parameter key mengembalikan nilai karakter ascii dari tombol keyboard khusus yang ditekan. Koordinat x,y adalah posisi pointer mouse saat keyboard ditekan,yang diukur dari pojok kiri atas window. Sedangkan x dan y menyatakan lokasi (di window : koordinat relatif) dari pointer ketika kejadian key ditekan. Berikut nilai konstanta key dari tombol keyboard khusus yang ditekan dan fungsi tombolnya di keyboard
Konstanta Spesial Key Fungsi
GLUT_KEY_F1 Key F1
GLUT_KEY_F2 Key F2
GLUT_KEY_F3 Key F3
GLUT_KEY_F4 Key F4
GLUT_KEY_F5 Key F5
GLUT_KEY_F6 Key F6
GLUT_KEY_F7 Key F7
GLUT_KEY_F8 Key F8
GLUT_KEY_F9 Key F9
GLUT_KEY_F10 Key F10
GLUT_KEY_F11 Key F11
GLUT_KEY_F12 Key F12
Konstanta Key Arah Fungsi
GLUT_KEY_LEFT Key kiri
GLUT_KEY_UP Key atas
GLUT_KEY_RIGHT Key kanan
GLUT_KEY_DOWN Key bawah
GLUT_KEY_PAGE_UP Key Page Up
GLUT_KEY_PAGE_DOWN Key Page Dwon
GLUT_KEY_HOME Key Home
GLUT_KEY_END Key End
GLUT_KEY_INSERT Key Insert
Fungsi OpenGL yang akan mengembalikan salah satu dari nilai konstanta berikut : GLUT_ACTIVE_SHIFT, GLUT_ACTIVE_CTRLatau GLUT_ACTIVE_ALT jika tombol keyboard ini ditekan atau jika ada event mouse yang bekerja.
int glutGetModifiers( )
Selanjutnya akan membahas mengenai even handling yang ada di mouse. So go to this link for the next chapter <kesini >
 
penulis
Ilham A.H