Pengenalan Pemrograman Grafika Komputer

Pengenalan Pemrograman Grafika Komputer

Pada psotingan sebelumnya, saya telah membahan mengenai perkenalan dari komputer grafika. Nah kelanjutan dari postingan itu adalah pemrograman grafik. So check it out.

Pertama-tama, apa sih yang dimaksud dari pemrograman grafik. Pemrograman grafik adalah sebuah teknik pemrograman yang berorientasi pada manipulasi grafis atau menghasilkan gambar sesuai dengan kebutuhan. Dan kegunaanya sama dengan yang di pengenalan kompiter grafika yaitu banyak dipakai untuk simulasi, animasi, game, geospatial information, dan visualisasi. Mengapa sama , nah iya Karena pemrograman grafik ini adalah cara untuk membuat computer grafika. Untuk membuatnya kita perlu library seperti OpenG, DirectX atau Unity.

Pada semua postingan saya di blog ini menggunakan library grafis OpenGL glut. Library ini lebih ringan dari DirectX dan dapat bekerja di semua sistem operasi, meskipun dalam materi ini hanya dibahas untuk Windows. Selain itu library ini sangat sederhana, sehingga memudahkan para pemula dalam mempelajari pemrograman grafik.

Di samping itu, dalam pemrograman grafik terdapat komponen dasar yang disebut dengan obyek grafik. Obyek garfik ini merupakan obyek dasar dalam pembuatan grafik di komputer antara lain:

• Titik dan Garis,

• Polyline dan Polygon

• Raster,

• Warna,

• Text,

• Paint.

clip_image002

Nah sekian untuk perkenalan dari materi komputer grafika ini. Postingan Selanjutnya akan banyak berisi dari contoh program dari komputer grafik ini. Terima kasih

Penulis

Ilham Akbar Hasbiya