selamat malam , saatnya share lagi dan berbagi ilmu walau tak seberapa semoga bermanfaat buat semua ya ammin :D. berikut ini tentang grafika komputer yaitu tentang membuat bangun kerucut dan silinder 3 dimensi dengan bahasa c++ atau c. lanjut
Kerucut bentuknya seperti ice-cream, yaitu menghubungkan lingkaran sebagai luasan bagian bawah dan sebuah titik di bagian atas gimana sudah ada gambaran nanti buatnya bagaimana ya ?
Untuk menggambar sebuh kerucut, maka terlebih dahulu ditentukan jumlah titik yang akan membangun lingkaran di bawah, misalkan jumlah titik pada lingkaran adalah n, maka kerucut dapat digambarkan seperti gambar 6.7 di atas. Pembentukan obyek 3 dimensi dilakukan dengan:
- mendefinisikan titik-titik pada obyek yang terdiri dari jumlah titik, dan koordinat masing-masing titik.
- Mendefinisikan face-face pada obyek yang terdiri dari jumlah face dan struktur pada masing-masing face.
Dengan demikian jumlah titik pada kerucut tersebut adalah n+1, dengan n untuk membentuk lingkaran dan 1 di atas. Dan jumlah face adalah n+1, dengan n untuk membentuk bagian sisi dan 1 bagian alas (lingkaran).
Posisi titik-titik pada kerucut dengan tinggi h dan jari-jari r dapat didefinisikan dengan:
Titik 0: (Bagian puncak) (0,h,0)
Titik 1 sampai dengan n:
kurasa cukup perkenalan dengan kerucut untuk silinder juga hampir sama teknik dan sedikit teorinya.
langsung ke pembuatannya .
kerucut 3d |