Siklus hidup Activity Android

 

Mengenal 2 SIKLUS HIDUP ANDROID

Tujuan:

1. Memahami siklus hidup activity

2. Mengetahui dan memahami berbagai method yang terlibat dalam siklus hidup activity

Sekarang waktunya memahami siklus hidup android activity langkah pertama yaitu membuat project .

Dan ini pertama saya sudah ditemui untuk edit file MainActivity.java yang letaknya ada di

clip_image002

Ternyata setelah cari letaknya file ada di folder src->com->example->activitytest->MainActivity.java

Nah itu letak filenya .

Langkah selanjutnya sekarang sedang melakukan modifikasi pada file tersebut dan menjadi seperti ini . awal masih bingung memahami sintak dibawah ini ??

clip_image003

clip_image005

Sebenarnya saya masih kebingunan maksud dari fungsi tersebut dan ini akan saya coba lakukan debugging untuk melihat logcat nya

Berikut setalah di logcat oya sebelum di logcat terdapat error seperti ini

clip_image006

Ini menandakan Avd belum saya create dan perlu di lakukan creat saya tekan yes.

clip_image008

Nah akhirnya tampil seperti ini saatnya untuk melakukan create. Setelah create sekarang tampilan Avd manager berubah menjadi

clip_image010

Setelah ini tinggal melihat logcat tidak semudah yang saya kira ternyata loadingnya lama padahal memori computer saya 2 GB tetapi hasilnya sekian menit seperti ini masihan. Untuk debug tekan f11.

clip_image012

Dan sekarang belum tahu kenapa emulator lemot. Dan setelah beberapa menit kemudian saya debug ulang nunggu lama hasil seperti ini. Kata teman saya ini terjadi saat tombol keyboard ketekan salah satu dan solusinya tadi saya restart ulang emulatornya dan jalan akhirnya.

clip_image014

Dan akhirnya debug logcat seperti ini

clip_image016

Dari sini saya sedikit paham bahwa siklus hidup dimualai dari onCreate(), onRestart(), onResume() itu terjadi saat apps di run.

Dan kemudian saya tekan home atau kembali ke munu home dan event nya ganti lagi seperti ini

clip_image018

Dan setelah saya klik home event nya berubah seperti ini

clip_image020

Dari semua itu akhirnya saya sedikit paham bagaimana aplikasi android dijalankan. Jika event destroy tak dipanggil berarti aplikasi masih berjalan di background. Seperti itu ternyata jalannya apps android.