MENGGAMBAR DENGAN FUNGSI PRIMITIF OPEN GL-Part 3 : Pewarnaan

MENGGAMBAR DENGAN FUNGSI PRIMITIF OPEN GL-Part 3 : Pewarnaan

Tetap di pembelajaran Grafika Komputer Sebelumnya kita telah belajar mengenai fungsi dasar dari membuat objek 2D. Nah , di postingan kali ini, aku akan membahas mengenai pewarnaan dan tips dan trik pemilihan warna menggunakan jasa dari situs lain. So, here I go.

Perintah untuk mengatur warna dalam bahasa C menggunakan library OpenGL adalah:

glColor3f(red, green, blue);

Pasangan nilai RGB akan menghasilkan komposisi warna tertentu. Tabel berikut menyatakan warna dan komposisi nilai RGB-nya. Dimana nilai R,G dan B masing-masing antara 0 sampai dengan 1, dimana 0 menyatakan komponen ini menjadi gelap (tidak dipakai), dan nilai 1 menyatakan komponen ini digunakan secara maksimal.

Tabel Komposisi RGB

Warna

R

G

B

Merah

1

0

0

Hijau

0

1

0

Biru

0

0

1

Kuning

1

1

0

Magenta

1

0

1

Cyan

0

1

1

Putih

1

1

1

Hitam

0

0

0

Abu-abu

0.5

0.5

0.5

Sebenarnya kita lebih sering bertemu dengan format hexa pada warna. Contohnya warna merah mempunyai nilai #ff0000. Namun pada pewarnaan glut ini, kita diharuskan memasukkan denagn format float. Nah dari mana asalnya ?. Asalnya dari mengubah nilai hexa ke decimal. Kemudian tiap bagiaa warna (RGB) dibagi dengan 255. Sebagai contoh, aku ambil sample warna merah yang mempunyai nilai hexa RGB #ff0000. Nilai R(red) warna tersebut adalah ff. Jika di konfersikan ke decimal. Maka akan menghasilkan nilai 255. Hasil konversi itu tadi dibagi dengan 255. Karena 255/255 adalah 1, maka nilai float untuk dari R adalah 1. Begitu pula dengan ilai G dab B. Nilai 00 di konversi ke decimal tetap 0. Dibagi dengan 255 juga bernilai 0. Oleh karena itu nilai float dari RGB merah adalah {1,0,0}.

Tentu sangat ribet untuk melakukan perhitungan seperti diatas setiap kali ingin menggunakan warna baru. Apalagi mencoba-coba warna agar komposisi warna dari projek menjadi bagus. Tentu akan memakan waktu lama bukan. Nah disini saya akan share suatu situs yang memudahkan dalam pemilihan warna dan mengkonversi warna hexa menjadi float.

· Jika kalian memilih warna , aku rekomendasi situs ini

clip_image002 

http://paletton.com/#uid=1000u0kllllaFw0g0qFqFg0w0aF

Di situs ini , kalian bisa membuat komposisi warna yang sepadan, dan untuk mengambil nilai hexa dari warna mau diambil, cukup klik satu kali pada warna yang diinginkan. Nanti keluarnya akan seperti di bawah

clip_image004

· Warna udah dapat tapi ingin melihat pilihan warna dalam gradasi, kalian bisa merujuk kesitus yang satu ini http://www.spycolor.com/ . Setelah kalian masukkan nilai hexa yang didapatkan di situs diatas, tinggal paste nilainya ke kotak isian bagian atas then enter. Scroll bagian bawah maka akan terlihat pilihan warna secara gradasi.

clip_image006

· Setelah mendapatkan warna yang ingin dimasukkan. Langsung aja rujuk kesitu ini

clip_image008

http://www.corecoding.com/utilities/rgb-or-hex-to-float.php

 

tinggal masukkan nilai hexa nya di kolom isian paling pertama. Dalam ini aku masukkan nilai 0095ff. Lalu button convert. Maka akan didapatkan nilai float seperti dibawah 

clip_image009

Jika kalina ingin mencoba warna yang lain , maka klik start over.

Sekian dari dari postingan kali ini. Dan postingan ini adalah seri terakhir dari serial MENGGAMBAR DENGAN FUNGSI PRIMITIF OPEN GL (kayak novel aja :v hahaha). Serial selanjutnya saya akan menulis mengenai Objek 2D. So , keep coming to this site :D

Penulis

 

Ilham A.H