Tutorial Objek Bulat 2D grafika komputer

Objek Bulat 2D grafika komputer

Sebelumnya kita telah mempelajari Objek Garis 2D seperti persegi, persgi panjang, segitiga, dll. Nah, pada kali ini tetap di ilmu teknik informatika, saya akan memposting mengenai objek 2D berbentuk bulat seperti linngkaran , elips, dan polar. Perlu diketahui bahwa objek bulat semua menggunakan persamaan matematika. Jadi jika kalian menemukan atau membuat persamaan baru selain yang akan aku post disini akan membentuk bentuk yang baru. So here I go,,,

A. Membuat Lingkaran

Secara definisi, lingkaran adalah segi banyak. Jadi persoalannya disini adalah bagaimana membuat sebuah bangun segi banyak, dimana setiap segi mempunyai sudut yang sama besar. Untuk mempermudah terlebih dahulu diperhatikan sistem koordinat sudut dimana setiap titik dituliskan dengan P(r,a), r adalah jari-jari atau jarak dengan titik pusat dan a adalah sudut.

clip_image001

Gambar 4. 1 Sistem koordinat sudut

Konversi sistem koordinat sudut menjadi sistem koordinat Kartesian adalah sebagai berikut.

clip_image003

Lingkaran adalah suatu bangun yang pada setiap sudutnya, jarak dengan titik pusat selalu sama r.

B. Membuat Ellipse

Ellipse sebenarnya hampir sama dengan lingkaran, hanya saja bedanya adalah pada jari-jari, jika pada lingkaran hanya mengenal satu jari-jari maka ellipse mempunyai dua jari-jari a (arah horisontal) dan b (arah vertikal). Hal inilah yang membuat bentuk ellipse menjadi lonjong.

clip_image004

Gambar 4. 2 Ellips

Persamaan ellips dalam koordinat polar adalah:

clip_image006

C. Membuat Obyek Polar

Obyek polar merupakan obyek benda putar dengan fungsi jari-jari terhadap sudut r=f(q). Perlu proses transformasi dari koordinat polar menjadi koordinat kartesian untuk dapat menggambarkannya pada layar komputer sebagi berikut:

clip_image008

Beberapa bentuk obyek polar,pada tabel berikut :

Tabel Fungsi Polar dan Hasil Menggambar Obyek Polar

Fungsi

Hasil

Rose 4 daun:

clip_image010

clip_image012

Rose 3 daun:

clip_image014

clip_image016

Kardioda:

clip_image018

clip_image020

Spiral:

clip_image022

clip_image024

Lingkaran:

clip_image026

clip_image028

Penulis

 

Ilham A.H