Objek Bulat 2D grafika komputer
Sebelumnya kita telah mempelajari Objek Garis 2D seperti persegi, persgi panjang, segitiga, dll. Nah, pada kali ini tetap di ilmu teknik informatika, saya akan memposting mengenai objek 2D berbentuk bulat seperti linngkaran , elips, dan polar. Perlu diketahui bahwa objek bulat semua menggunakan persamaan matematika. Jadi jika kalian menemukan atau membuat persamaan baru selain yang akan aku post disini akan membentuk bentuk yang baru. So here I go,,,
A. Membuat Lingkaran
Secara definisi, lingkaran adalah segi banyak. Jadi persoalannya disini adalah bagaimana membuat sebuah bangun segi banyak, dimana setiap segi mempunyai sudut yang sama besar. Untuk mempermudah terlebih dahulu diperhatikan sistem koordinat sudut dimana setiap titik dituliskan dengan P(r,a), r adalah jari-jari atau jarak dengan titik pusat dan a adalah sudut.
Gambar 4. 1 Sistem koordinat sudut
Konversi sistem koordinat sudut menjadi sistem koordinat Kartesian adalah sebagai berikut.
Lingkaran adalah suatu bangun yang pada setiap sudutnya, jarak dengan titik pusat selalu sama r.
B. Membuat Ellipse
Ellipse sebenarnya hampir sama dengan lingkaran, hanya saja bedanya adalah pada jari-jari, jika pada lingkaran hanya mengenal satu jari-jari maka ellipse mempunyai dua jari-jari a (arah horisontal) dan b (arah vertikal). Hal inilah yang membuat bentuk ellipse menjadi lonjong.
Gambar 4. 2 Ellips
Persamaan ellips dalam koordinat polar adalah:
C. Membuat Obyek Polar
Obyek polar merupakan obyek benda putar dengan fungsi jari-jari terhadap sudut r=f(q). Perlu proses transformasi dari koordinat polar menjadi koordinat kartesian untuk dapat menggambarkannya pada layar komputer sebagi berikut:
Beberapa bentuk obyek polar,pada tabel berikut :
Tabel Fungsi Polar dan Hasil Menggambar Obyek Polar
Fungsi | Hasil |
Rose 4 daun: | |
Rose 3 daun: | |
Kardioda: | |
Spiral: | |
Lingkaran: |
Penulis
Ilham A.H