Berkenalan dengan Pemrograman JAVA

Apa itu Java ?
Java merupakan bahasa pemrograman sekaligus suatu platform.  Dan java adalah bahasa pemrograman yang high level, bersifat robust (kemampuan java untuk mengatasi error selama eksekusi), secure , dan berorientasi objek. Lalu apa itu platform ? platform merupakan lingkungan hardware atau software dimana program berjalan. Java mempunuyai platformnya sendiri yaitu Java Runtime Environment.
Dibawah ini adalah contoh listing koding dalam java yang sangay simple. Hanya contoh aja, penjelasan mengenai apa yang dimaksud pada koding dibawah akan di jelaskan pada post selanjutnya.
Lalu pertanyaan, dimana saja kita bisa menggunakan java ? Berdasarkan penjelasan dari Sun, ada 3 miliar device yang bisa menjalankan java. Jadi java digunakan di banyak device, sebagai contoh penggunaanya seperti ini :
1. alikasi desktop seperti acrobat reader, media player, antivirus, dan lain-lain
2. aplikasi web seperti irctc.co.in , javatpoint.com, dan lain-lain
3. Aplikasi Enterprise atau bisa dikatakakn aplikasi yang diperuntuk utuk perusahaan    besar contohnya aplikasi perbankan.
4. Mobile
5. Sistem Embedded
6. Smart card
7. Robotika
8. Game , dan lain-lain
Ada 4 tipe utama aplikasi  yang dapat dibuat dengan bahasa pemrograman bahasa java :
  1. Aplikasi Standalone alone juga bisa dikaatakn sebagai aplikasi desktop atau aplikasi yang dengan adanya jendela-jendela window. Aplikasi ini sering kita gunakan dan sering juga kita install contohnya seperti media player, antivirus , dan lain-lain. Untuk membuat aplikasi standalone dibutuhkan AWT dan Swing.
  1. Aplikasi Web. Merupakan aplikasi yang berjalan di sisi server dan membuat halaman yang dinamis. Saat ini contoh  teknologi yang digunakan untuk membuat aplikasi web dengan java adalah servlet, jsp, struts, dan lain-lain
  1. Aplikasi Enterprise. Seperti yang aku jelaskan sebelumnya bahwa aplikasi tipe ini diperuntuk untuk aplikasi yang digunakaan pada perusahaan besar. Untuk membuat aplikasi ini dibutuhkan platform java EE yang telah didesain untuk membantu developer dalam membuat aplikasi yang berskala besar, multi-tier, dan handal.  Karena itu aplikasi enterprise ini disesain untuk memecahkan masalah-masalah yang ada di perusahaan.
  1. Apikasi Mobile. Meruapkan tipe aplikasi yang diperuntuk untuk device mobile. Saat ini android dan Java ME digunakan untuk membuat aplikasi mobile.

penulis 
ILHAM AKBAR