Sinyal Diskrit terhadap Waktu pada Digital Signal Processing

Suatu sinyal diskrit terhada waktu (selanjutnya aku akan menulisnya sinyal diskrit-waktu) terdiri dari sebuah rentetan atau deretan angka real dan kompleks. Sehingga, siyal diskrit-waktu bisa dikatakan sebuah fungsi bervariabel nilai integer yang disimbolkan atau dituliskan dengan x(n).

Suatu sinyal bernili real dapat digambarkan dengan deretan permen lolipop seperti dibawah ini

Walaupun variabel n bisa direpresentasikan hal lain selain waktu seperti koordinat atau jarak. Namun dalam sinyal diskrit-waktu, x(n), hanya merujuk pada fungsi waktu.

Beberapa permasalahan dan aplikasi kerap kali menampilkan x(n) dalam bentuk vektor. Jadi deretan nilai x(0) hingga x(n-1) ditulis seperti ini :

x = [ x(0), x(1),  … , x(n-1) ]T

Suatu sinyal kontinu terhadap waktu (selanjutnya aku tulis sinyal kontinu-waktu) disimbolkan dengan Xa(t). Sinyal diskrit-waktu yang didapatkan dari cuplikan (sample) sinyal kontinu seperti suara manusia dengan koenverter analog ke digital (A/D). Pertama, Xa(t) dicuplik atau disample dengan kecepatan fs=1/Ts sample per detik. Lalu dihasilkan sinyal cuplikan(sample) x(n). Sehingga hubungan sinyal cuplikan atau diskrit dan Xa(t) adalah

Tidak semua sinyal diskrit-waktu didapatkan dengan cara diatas. Beberapa sinyal memang asalnya sudah berupa deretan diskrit terhadap waktu karena tidak ada sinyal analog yang dikoncersi oleh  konverter analog ke digital (A/D). Contohya : harga stok supermarket, statistika populasi penduduk, inventori gudang, dan lain-lain.