Fakta!! Pentingnya belajar Bahasa Pemrograman C?

Mengapa Harus Belajar Bahasa C ?
walaupun C simpel tapi jangan meremehkannya karena bahasa C ini merupakan bahasa pemrograman yang paling hebat yang pernah dibuat
Pada dunia yang serba IT ini, banyak bahasa pemrograman bermunculan lalu jarng digunakan bahkan tidak digunakan lagi. Jadi pasti ada alasan mengapa C masih ada sampai sekarang dan sampai sekarang pun hampir tidak ada bahasa yang bisa menandingi kekuatannya.
90% dari pemula programmer menganggap kalau C sudah digantikan oleh Java, C#, dan lain-lain, lalu mengapa harus belajar C. Aku tidak mengetahui mengapa mereka berpikri seperti itu tapi satu hal yang bisa aku pastikan kalau mereka tidak akan bisa mengungguli 10% programmer yang berbeda pendapat dari yang lainnya. Alasannya simpel, bagaimana mungkin gedung pencakar langit bisa berdiri jika landasannya tidak kuat.
C adalah bahasa pemrogrman yang dikembangkan oleh laboratorium AT & T's Bell di Amerika Serikat pada tahun 1972. Bahasa ini ditulis oleh pria bernama Dennis Ritchie.
Sekarang mari kita analisa  mengapa Bahasa C harus menjadi bahasa pemrogrman yang perta kali kalian pelajari :
1. Aku yakin kalau tak seoarang pun bisa mempelajari Java atau C# secara langsung. Untuk menjadi Pro di bahasa pemrograman Java atau C#, kalian wajib mempunyai konsep pemrograman yang kuat seperti polimorfisme , kelas, inheritance (turunan), dan lain-lain. Bagaimana kalian mempeljari konsep-konsep yang rumit padahal kalian masih belum paham betul elemen dasar seperti blok fungsi. C adlah bahasa yang dimulai dari awal dan mempunyai konsep dasar yang masih digunakan sampai hari ini.
2. C merupakan dasar dari C# dan C++. jauh juga saudara jauh dari C dan memiliki sintaks dan kosep programming (beberapa) dengan C. Bahasa yang aku sebutkan tadi merupakan bahasa yang kini sering digunakan di dunia dan semuanya.  Kalian ingin menguasai bahasa-bahasa yang lain, pelajari dulu C.
3. C++,  Java, dan C# memang menggunakan konsep PBO (Pemrograman Perbasis Objek) atau OOP (Object Oriented Programming) tapi tidak semua program menggunakan konsep OOP walaupun OOP merupakan hal yang luar biasa jika diimplemntasi pada suatu program. Masih ada kok program yang masih ditulis dengan C.
4. Jika membandingkan perfomna kecepatan ekskesusinya, C  tidak terkalahakan.
5. Sebagian besar bagian dari Windows, Unix, dan Linux masih ditulis dalam C. Jadi , jika kalian ingin memprogram OS itu atau ingin membuatnya sendiri, kalian perlu tahu C.
6. Driver dari device yang ada di komputer selalu ditulis dalam bahasa C. Alasannya, C membolehkan kalian untuk mengakses elemen-elemen dasar dari komputer. C memberimu akses langsung ke memori CPU kalian melalui pointer. C juga membolehkan kalian untk memanipulasi dan bermain-main dengan bits dan bytes.
7. Mobile, Smart TV, Kulkas, Microwave menjadi bagain dari kebutuhan sehari-hari kita. Kalian perlu tahu bahwa barang-barang itu mempunyai CPU didalamnya yang membutuhkan pemrograman dan software. Pemrograman dan Software yang tulis untuk barang-barang itu dinamakan program sistem embeded . Program-program itu mempunyai kecepatan eksekusi yang cepat tapi mempunyai memori yang sedilkit. Tak salah, jika C sangat ideal digunakan untuk pemrograman sistem embeded.
8. Kalian pasti pernah bermain game di laptop atau PC kalian. Bahkan sampai saat ini, game-game 3D yang sangar menggunakan C sebagai core-nya. Kenapa ? Jawabannya simpel,  siapa yang mau main game jika butuh waktu lama hanya untuk menembah peluru setelah kalian memberikan perintah dari keyboard atau mouse. Balasan dari perintah haruslah sangat cepat. Balasan dalam 1 nano detik , bisa dipastikan game-nya pasti bagus; Balasan dalam 10 nano detik gamenya pasti busuk. Bahkan sampau hari ini tak ada yang bisa menandingi C.
9. C adalah Bahasa middle level (level menengah). Ada tiga tipe bahasa pemrogramana : high level (level tinggi), middle level (level menengah), dan low level (level bawah). Bahasa high level lebih diorientasikan pada user, memberikan pengembangan program yang cepat, seperti BASIC. Bahasa low level diorientasikan pada mesin, bahasa ini memperikan eksekusi program yang lebih cepat. C adalah bahasa middle level karena C mengkombinasi kelebihan dari bahasa low level dan high level. C diorientasikan pada user dan mesin dan memberikan kemungkinan yang tak terbatas.
10. Yang terakhir adalah mengenai bahasa berstruktur blok. Simbol utama dari bahasa terkini mengunakan struktur blok. Dengan adanya blok-blok ini , maka akan mengurangi kesalahan dan hal-hal yang tidak dinginkan.
Itulah alasan mengapa kita harus mempelajari bahasa C. Pada post selanjutnya aku akan mengepost materi-materi dari bahasa C. So, keep up to date
penulis :
ilham akbar