Membedakan Struktur Bahasa C atau C++”", SANGAT Mudah!!!

Struktur Bahasa C atau C++

Perintah-perintah yang ada pada listing program (listing itu sama dengan sintaks) C atau C++ ditulis dengan blok-blok. Setiap blok yang ada mengerjakan tugas-tugas yang sesuai dengan tugasnya, Usahakan setiap nama fungsi sesuai dengan perintah-perintah yang ada didalamnya , jangan sampai kita mau membuat fungsi pengurangan tapi nama fungsinya penjumlahan. Pada program C atau C ++ minimal harus ada satu fungsi utama yaitu fungsi main. Fungsi main ini juga disebut fungsi induk. Kenapa induk ? karena setiap program yang ditulis pada bahasa C atau C++ harus ada fungsi ini.

Capture

Apa itu statement ? jadi dalam bahasa pemrograman, perintah-perintah yang ada pada listing program disebut juga dengan statement. Didalam fungsi main kalian bisa tidak memberi statement apapun tapi mau jadi program apa :) . Yaa , minimimal ada satu statement lah. Untuk jumlah statement yang ada,  secara teori tidak ada yang menjelaskan berapa batasan yang bisa ditulis, jadi dapat disimpulkan tidak ada batasa dalam statemen dalam listing program.
Capture1

Bagan diatas memperlihatkan strutur  tata cara penulisan fungsi main atau fungsi yang lain. Jadi hanya kebiasaan dari programmer mau jenis penulisan yang mana, tergantung tiap individu.

Kebanyakan programmer menulis fungsi main hanya untuk memanggil fungsi yang lain untuk menjalankan perintah-perintah yang ada di dalam fungsi tersebut. Selain emanggil fungsi-fungsi lain, di dalam fungsi main juga berisi statement pokok.
Jika kalian ingin menambahkan fungsi tambahan selain fungsi main bisa ditambahkan pada atas atau bawah dari fungsi main.
Capture2

Source : Algoritma dengan C, C++, dan Java by Moh. Sjukani